Jumat, 21 Februari 2020

Dongeng Sop Batu dan Reputasi Digital Anda

Oleh: Bambang Haryanto

Anda pernah dengar dongeng tentang sop batu? Para pionir digital seperti Jeff Bezos (Amazon), Mark Zuckerberg (Facebook) sampai Reid Hoffman (LinkedIn) bisa kaya raya sebagai bilyuner berkat meneladani dongeng sop batu itu.

Kata sahibul hikayat, ada seorang asing di tengah tanah lapang membuat perapian yang menyala dengan kuali di atasnya. Di dalam kuali berisi air dan sebungkah batu. Dengan bergembira dia mengaduk-aduknya.

Tingkah orang yang terlihat aneh ini membuat orang datang mengerubungi dan bertanya mengenai aksinya tersebut. "Saya sedang memasak sop batu. Sop yang paling enak di dunia, dan Anda semua nanti akan ikut menikmatinya pula," jelasnya.

Melihat orang-orang itu nampak berminat, dia melanjutkan bahwa agar sop itu benar-benar nikmat dia meminta bantuan untuk bumbu-bumbunya. Orang-orang itu bubar, pulang ke rumah, tetapi kembali ke lokasi itu. Ada yang membawa garam, kaldu, irisan daging, wortel, seledri dan bahan-bahan lainnya. 

Semua bumbu dimasukkan ke dalam kuali. Bahkan kini mereka bergantian mengaduknya. Akhirnya, sop lezat pun masak, terhidang, untuk mereka nikmati secara bersama-sama.

Kini di era kita, baik dalam platform Facebook, Amazon dan LinkedIn, para pionir digital itu bisa disebut menyediakan lapangan, perapian, kuali, air dan batu. Kita semua yang kemudian menambahinya dengan bumbu dan  akhirnya bisa menikmatinya secara bersama-sama.

Camkan pesan ini : untuk bisa ikut menikmati "sop batu digital" secara terhormat, ingatlah,  Anda harus mau berkontribusi dahulu. Untuk membangun reputasi digital Anda dahulu.

Anda bersedia?

@bambangharyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar